Tuesday 17 April 2012


Bienvenue aux Indonesiens, de retour a la Nouvelle-Caledonie! (Selamat Datang Kembali Masyarakat Indonesia di New Caledonia!


Kaledonia Baru ato kalo bahasa Perancis Nouvelle-Calédonie adalah sebuah wilayah yang berstatus jajahansui generis Perancis. Wilayah ini terletak di sub-benua Melanesia di Samudra Pasifik sebelah barat daya. Juga dinamai Kanaki yang dari nama penduduk asli kepulauan itu. Negara kepulauan ini telah dikuasai Perancis selain Polinesia Perancis. Status ini dikenakan sampai 1998. Namanya berasal dari bahasa Latin Skotlandia. Ibu kotanya ialah Noumea.
 New Caledonia  merupakan kepulauan seluas 18,575 kilometer persegi di Samudera Pasifik yang ditemukan oleh penjelajah James Cook pada 4 September 1774 ketika melakukan perjalanan keduanya di kawasan Pasifik. Ia menamakan wilayah ini New Caledonia karena teringat tanah kelahirannya, Skotlandia. 

Di bawah pemerintahan Napoleon III, Prancis mengambil alih NC secara resmi pada 24 September 1853 dan membangun Port de France (Noumea) yang sekarang menjadi ibu kota NC pada 25 Juni 1854.
Dan tahukah kamu?? Kalo kamu yang ngerasa orang Jawa dan pinter berbahasa Jawa, gua rasa tak akan menemukan kesulitan saat jalan-jalan ke negeri ini… kenapa?? Seperti halnya Suriname, daerah ini juga dihuni oleh sebagian Suku Jawa yang merantau ke sini…Dulu konon orang Jawa yang tinggal di sini bekerja sebagai kuli guna mencari kehidupan yang lebih baik…  Kasus perpindahannya pun sama seperti orang Jawa yang pindah ke Suriname, namun sepertinya kegiatan orang Jawa yang pindah ke negara2 pasifik telah berhenti sejak tahun 1949….

Daerah ini dihuni oleh sebagian suku Jawa. Dahulu orang Jawa di Kaledonia Baru menjadi kuli kontrak atau mencari kehidupan lebih baik di negeri asing. Perpindahan orang Jawa di Kaledonia juga sama dengan orang Jawa Suriname, namun kepindahan orang Jawa di Pasifik telah terhenti sejak 1949.
Jumlah penduduk Kaledonia Baru tercatat tanggal 1 September 2006, yaitu: 237.765 jiwa.
Orang Jawa di Kaledonia Baru tetap menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-hari, namun kini anak-anak mudanya sudah tak bisa berbahasa Jawa, hanya bisa berbahasa Perancis saja.
sebenernya dulu saya sendiri ga tau New Caledonia bahkan denger namanya disebut aja juga belum pernah tapi gara2 Kkotboda Namja alias Boys Before Flowers saya jadi tahu tempat seperti apa seh Kaledonia itu?? 

nah kalo ini tempat yang diliatin Goo Jun Pyo ke Geum Jandi pas mereka naik pesawat ..bentuknya LOVE, heduuh romantis banget.. jadi pengen ikut ngebayangin kalo kalo salah satu anggota F4 ngajakin kesana #eaa mimipi nya ketinggian .. 
duuhh kapan yaa bisa kesitu bareng SOULMATE pastinya .. hihii :)

yang buat lokasi Seo yi jeong ama Chu Ga Eul alias Seoeul Mate shooting, kaya menara mercusuar gitu.. Denger2 seh namanya Ameedee Island namanya sweet yah, kaya lokasinya.. Walo kayanya sempit banget, tapi kayanya bakal betah deh berlama-lama di situ, naik ampe ke mercusuar, ngeliat pemandangan sekitar pulau kayanya bakal jadi sesuatu yang sangat menarik jika dilakukan, dui ma??? Mau deh berdua ama Yie Jeong ke sana.. *kapan2 yah..*

Huaaahh udahan ahh ntar bisa gilaa kalo ngebayangin ini pulau mulu. ntah kapanlah yakan bisa kesana??? hahhaaa

*sekian dan terima kasih*






No comments:

Post a Comment