Tuesday 18 September 2012

Gangnam Style yang Melanda Dunia


Dunia kini sedang mengalami demam Gangnam Style. Semua itu gara-gara aksi Psy. Komedian yang juga rapper asal Korea Selatan ini telah merilis sebuah video musiknya yang diberi nama Gangnam Style. Psy merilis lagu Korean pop (K-pop) dalam single bertajuk ‘Gangnam Style’ pada 15 Juli 2012. Humor dalam lirik lagu ini serta gaya dansa Psy yang kocak, menggelitik setiap orang yang melihat.


Gangnam Style adalah gaya tari orang yang sedang naik kuda dan sesekali tangannya berputar-putar seolah sedang memegang tali laso seperti bersiap melemparkan tali ke sasaran. Istilah Gangnam Style bahkan sudah dimasukkan dalam Kamus Perkotaan oleh majalah Time. Gangnam Style sebenarnya merupakan istilah Korea untuk gaya hidup mewah di sebuah distrik di Ibukota Seoul, Gangnam. Di tempat itulah berkumpul orang-orang trendi, hip dan memiliki gaya khas.
Dalam sebuah wawancara, musisi berusia 35 tahun ini menyatakan Gangnam bisa disebut Beverly Hills-nya Korsel. Di Los Angeles, Amerika Serikat (AS), Beverly Hills merupakan salah satu distrik orang kaya.



Gaya Gangnam atau Gangnam Style berarti ciri khas tarian Psy "tarian kuda-kuda" layaknya orang sedang naik kuda. Gangnam Style membuat musik K-pop merebut perhatian banyak pengamat. Demam model Gangnam pun merambah Amerika Serikat dan Eropa. Di jejaring sosialYouTube, klip videonya telah diklik sedikitnya 175 juta orang. Fenomenal.



Di Indonesia, yang juga sedang dilanda demam K-pop dengan banyaknya boyband dan girlband tak mau ketinggalan. Sebut saja salah satunya Cherry Belle yang amat menyukai gaya koreografi kocak Psy dengan Gangnam Style-nya itu. Aksi Gangnam Style pun pernah digelar di bundaran Hotel Indonesia, Jakarta baru-baru ini dan diikuti ratusan orang tua dan muda layaknya sebuah aksi flashmob. 



Sambutan meriah dari seluruh dunia itu juga tidak datang begitu saja. Setelah 12 tahun Psy malang melintang di dunia hiburan Korea Selatan, baru kali inilah karyanya digilai masyarakat dunia. Apakah Anda juga ikut terkena virus Gangnam Style?

No comments:

Post a Comment